Secara umum, definisi
dan pengertian surat bisnis adalah surat yang digunakan oleh seseorang, lembaga
organisasi atau institusi yang menyampaikan pesan-pesan bisnis secara tertulis
kepada pihak lain dengan menggunakan media tertentu baik itu berupa pengiriman
surat via pos, faksmilie, telepon ataupun lewat jalur internet.
Bagian – bagian yang terdapat pada
surat bisnis pada umumnya sebagai berikut:
1.
Letterhead
2.
Date
3.
The inside
address
4.
The greeting
/ Salutation
5.
The subject
line (optional)
6.
The body
paragraphs
7.
The
complimentary close
8.
Signature
and writer’s identification
9.
Initials,
enclosures, copies
Namun, dalam surat bisnis ada
perbedaan dalam British letter dan American letter. Diantaranya yaitu:
PERBEDAAN AMERICAN STYLE & BRITISH STYLE
a.
Salutation
Salam pembuka pada business english
letter bervariasi tergantung dari keadaannya, seperti "Dear Sir" atau
"Dear Madam", atau "Dear Sir or Madam" (jika jenis kelamin
tidak diketahui) atau "Dear Mr.Tarigan", atau "Dear Miss
Sato", dan lainnya. Pengunaan nama pada salutation hanya digunakan jika
penulis tahu nama orang yang akan menerimanya.
Pada British style, salutation
diikuti dengan tanda koma, misal “Dear Mr. Smith,”.
Pada American style, tanda koma
diganti dengan tanda titik dua, misal “Dear Sir or Madam:”.
Example:
British Style
|
American Style
|
Dear Mr. Rio
|
Dear Mr.Rio:
|
Dear Mrs. Hana,
|
Dear Mrs. Hana:
|
Dear Madam
|
Dear Madam:
|
b. Reference:
Digunakan sebagai pengarsipan atau dokumentasi surat yang
dikirimkan atau yang diterima, juga digunakan untuk mengingatkan referensi dari
si penerima kepada si pengirim tentang topik yang akan dibicarakan. Untuk
penulisan referensi dapat diberi tulisan bergaris bawah, dan jika anda ingin
menyertakan referensi anda dapat menulisnya seperti berikut. Contoh :
- Your Ref: KPS/C3, Our Ref: Con/13/1
- ·As per your letter of June 8t
- As we discussed on phone today,
- Thank you for your letter of 4nd May
- With reference to your advertisement in the Bekasi pos, 5st January, 2011.
TYPE OF BUSINESS LETTER
Ada dua jenis surat bisnis yaitu
Block format dan Block modified. Dalam dua jenis surat itu terdapat beberapa
perbedaan. Di antaranya:
1. Dalam penulisan surat yang
menggunakan Block format, ini
merupakan surat yang dimana semua unsur atau bagian suratnya di setting selaras di sebelah kiri. Model surat ini
memiliki susunan yang rapih dan simple. Paragrafnya
diberi jarak double line space.
2. Dalam penulisan Modified Block format sebenarnya hampir sama dengan Block
format, yang membedakan hanya pada tanggal, alamat, nama instansi/perusahaan,
penutup dan nama penulis di letakkan di sisi kanan pada surat.
·
Contoh
penulisan surat dengan Block format

·
Contoh
penulisan dengan Block Modified

·
Contoh
Business Letter (Semi-block Format)

referensi:
http://inamona92.blogspot.com/2012/11/business-letter.html
http://fahmyhygienic.blogspot.com/2010/09/materi-korespondensi-bahasa-inggris.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar