Jumat, 21 Oktober 2016

BUSINESS LETTER

Secara umum, definisi dan pengertian surat bisnis adalah surat yang digunakan oleh seseorang, lembaga organisasi atau institusi yang menyampaikan pesan-pesan bisnis secara tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan media tertentu baik itu berupa pengiriman surat via pos, faksmilie, telepon ataupun lewat jalur internet.


Bagian – bagian yang terdapat pada surat bisnis pada umumnya sebagai berikut:
1.    Letterhead
2.    Date
3.    The inside address
4.    The greeting / Salutation
5.    The subject line (optional)
6.    The body paragraphs
7.    The complimentary close
8.    Signature and writer’s identification
9.    Initials, enclosures, copies
Namun, dalam surat bisnis ada perbedaan dalam British letter dan American letter. Diantaranya yaitu:

  
PERBEDAAN AMERICAN STYLE & BRITISH STYLE 
a.  


          Salutation

Salam pembuka pada business english letter bervariasi tergantung dari keadaannya, seperti "Dear Sir" atau "Dear Madam", atau "Dear Sir or Madam" (jika jenis kelamin tidak diketahui) atau "Dear Mr.Tarigan", atau "Dear Miss Sato", dan lainnya. Pengunaan nama pada salutation hanya digunakan jika penulis tahu nama orang yang akan menerimanya.
Pada British style, salutation diikuti dengan tanda koma, misal “Dear Mr. Smith,”.
Pada American style, tanda koma diganti dengan tanda titik dua, misal “Dear Sir or Madam:”.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0OxLWXl1aGJitaajS7a7F2UGgDI-K4ZFzQbsWBysXUx8eUKMeD2_XU4GViL-N4eSgpPbFsAvIFAJGLVkSoTN_ROZFaOJAjShJDu7KvKesV5a1FwTi5M9fP_QEX7ZbQL5infyIBTc-azW7/s320/Untitled1.png
Example:
British Style
American Style
Dear Mr. Rio
Dear Mr.Rio:
Dear Mrs. Hana,
Dear Mrs. Hana:
Dear Madam
Dear Madam:


b.      Reference:
Digunakan sebagai pengarsipan atau dokumentasi surat yang dikirimkan atau yang diterima, juga digunakan untuk mengingatkan referensi dari si penerima kepada si pengirim tentang topik yang akan dibicarakan.  Untuk penulisan referensi dapat diberi tulisan bergaris bawah, dan jika anda ingin menyertakan referensi anda dapat menulisnya seperti berikut. Contoh :

  • Your Ref: KPS/C3, Our Ref: Con/13/1 
  • ·As per your letter of  June 8t
  •   As we discussed on phone today, 
  • Thank you for your letter of  4nd May
  • With reference to your advertisement in the Bekasi pos, 5st January, 2011.


TYPE OF BUSINESS LETTER


            Ada dua jenis surat bisnis yaitu Block format dan Block modified. Dalam dua jenis surat itu terdapat beberapa perbedaan. Di antaranya:

1.    Dalam penulisan surat yang menggunakan Block format, ini merupakan surat yang dimana semua unsur atau bagian suratnya di setting selaras di sebelah kiri. Model surat ini memiliki susunan yang rapih dan simple. Paragrafnya diberi jarak double line space.

2.    Dalam penulisan Modified Block format sebenarnya hampir sama dengan Block format, yang membedakan hanya pada tanggal, alamat, nama instansi/perusahaan, penutup dan nama penulis di letakkan di sisi kanan pada surat.



·        Contoh penulisan surat dengan Block format
Description: Image result for contoh penulisan surat dengan block format


·        Contoh penulisan dengan Block Modified
Description: Image result for contoh penulisan surat dengan block format
·        Contoh Business Letter (Semi-block Format)

Description: Image result for contoh penulisan surat dengan semi block format



Tidak ada komentar:

Posting Komentar